Vihara Avalokitesvara, Tempat Ibadah Sekaligus Objek Wisata

Advertisement

Ads

Vihara Avalokitesvara, Tempat Ibadah Sekaligus Objek Wisata

Unzilatur Rahmah
Kamis, 27 November 2014

Vihara Avalokitesvara di Pamekasan Madura

eMadura.com - Kalau Anda traveling ke Madura, akan terasa kurang jika tidak mampir ke Vihara Avalokitesvara. Vihara yang berlokasi di Dusun Candi, Desa Polagan, Kec. Galis Kab. Pamekasan ini menawarkan daya tarik tersendiri. Bayangkan saja, Vihara Avalokitesvara bisa bertahan di tengah-tengah masyarakat yang mayoritas muslim.

Di Vihara Avalokitesvara, terdapat tempat peribadatan umat Hindu, Budha, dan Kong hu cu, dan Kristen. Terdapat pula lokasi khusus pemujaan terhadap Dewi Kwan Im. Jika Anda pernah menonton film seri Kera Sakti, maka Anda akan tahu siapa itu Dewi Kwan Im. Sedangkan untuk peribadatan umat Islam yang berkunjung ke Vihara Avalokitesvara dan tepat pas pada waktu shalat tidaklah perlu khawatir, karena di dalam komplek Vihara Avalokitesvara terdapat musholla.
Candi di Vihara Avalokitesvara Madura

Secara fisik saja, Vihara Avalokitesvara sudah menggambarkan toleransi antar umat beragama yang lumayan dijunjung tinggi. Karena menyediakan tempat peribadatan yang lengkap untuk seluruh umat beragama.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ibadah yang bernilai seni tinggi ini, Anda hanya tinggal belok ke arah selatan menuju gang di sebelah barat Pantai Talang Siring. Setelah itu ada papan petunjuk yang akan mengantarkan pengunjung pada lokasi vihara. Di vihara ini, pengunjung bebas mengambil gambar dan keluar masuk. Selama tidak ada peribadatan yang sedang berlangsung di dalam kompleks vihara.





Author : Unzilatur R
Foto : (c) Saiful/EMC