Taman Pelangi, Taman Dengan Ribuan Lampion

Advertisement

Ads

Taman Pelangi, Taman Dengan Ribuan Lampion

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014

 

Saat malam hari di Yogyakarta adalah malam yang romantis bagi saya. Pada saat malam hari Yogya juga mulai bergeliat dengan hiburan malam dan wisata kuliner yang terjaja di sepanjang jalan di seluruh kota Yogya. Kali ini saya tidak ingin berwisata kuliner walau perut meronta hendak mencicipi nasi kucing khas angkringan Yogyakarta. Tujuan saya kali ini adalah hendak melihat pelangi. Wah pelangi ada pada malam hari? Tentu semua akan bertanya-tanya kemana tujuan saya kali ini. Taman pelangi adalah tujuan wisata saya pada malam ini. Sebuah taman yang terletak di Jalan Monjali Yogyakarta adalah sebuah wisata malam yang baru dikenal publik beberapa tahun ini.
Saya melajukan motor dengan kecepatan sedang, karena saya tidak ingin melewatkan kehidupan malam Yogya yang penuh dengan kerlap-kerlip lampu dari beberapa gedung. Dan saya telah sampai di tujuan sebuah taman yang juga berkerlap kerlip dengan lampion berwarna warni. Wah, ini yang namanya taman pelangi. Saya pun segera mencari tempat untuk memarkirkan motor saya. Taman pelangi ini terdapat di pelataran monumen Yogya Kembali yang disingkat menjadi Monjali. Taman ini didesain dengan berbagai macam bentuk dan berbagai macam lampion yang menghiasi taman ini. Saya masuk melalui pintu timur taman yang langsung disambut oleh lampion besar berbentuk pelangi. Lampion ini merupakan ikon dari Taman Pelangi Yogyakarta.
Memasuki areal taman saya semakin terkesima dengan berbagai macam lampion dengan berbagai bentuk yang menghiasi taman. Ada lampion yang berbentuk flora, berbentuk fauna bahkan ada lampion yang menyerupai wajah tokoh bangsa. Dalam segi penataan, taman ini juga cukup artistik. Lampion di letakkan dengan berbagai cara, ada yang ditanam dalam tanah, ada yang digantung, menempel di dinding, bahkan didesain berderet seperti pasukan yang sedang berbaris rapi dan lain sebagainya. Semuanya membuat taman ini menjadi lebih indah dan apik dipandang.
Selain menikmati pemandangan lampion yang sangat indah, saya berjalan memasuki area taman lebih jauh lagi. Ternyata di taman ini juga disediakan berbagai macam wahana seperti boom-boom car, trampolin, becak mini, speed boat dan perahu dayung. Bahkan ada sebuah wahana bagi Anda pecinta misteri, sebuah puri hantu yang dapat menguji adrenalin Anda. Berhubung saya adalah orang yang penakut walau suka hal yang berbau misteri saya enggan untuk memasuki wahana tersebut.
Wahana air yang disediakan antara lain, bola air, speed boat, perahu dayung dapat dinikmati di dalam kolam yang terdapat di area Monjali yang mengelilingi Tugu Monjali. Berbagai teriakan kegembiraan menggema di area tersebut. Saya memutuskan untuk berkeliling taman untuk menikmati keindahan warna warni lampion pada malam hari. Namun jika Anda penat, ada kereta safari yang siap mengantar Anda untuk berkeliling taman.
Setelah puas berkeliling perut saya meronta minta diisi oleh sesuatu. Taman ini juga dilengkapi dengan food court, jadi Anda yang berkunjung tidak perlu takut untuk mencari pengganjal perut saat lapar mendera setelah puas bermain di berbagai wahana. Taman pelangi ini dibuka untuk umum dari hari Senin-Minggu setiap hari dari pukul 17.00-23.00 dengan biaya masuk pada hari kerja sebesar Rp. 10.000 dan weekend sebesar Rp. 15.000.
Taman pelangi adalah alternatif wisata murah meriah Yogyakarta pada malam hari. Jangan lewatkan berkunjung ke taman pelangi jika Anda sedang menyempatkan diri untuk berwisata ke kota gudeg Yogyakarta.
 Deskripsi: Taman pelangi merupakan sebuah taman yang dibuka pada malam hari yang terletak di pelataran monumen Yogya kembali.