Spot Surfing yang Menantang di Pantai Krakal

Advertisement

Ads

Spot Surfing yang Menantang di Pantai Krakal

Aminullah
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Deratan pantai indah di Gunung Kidul memang tak ada habisnya. Bahkan bagi Anda para pencinta surfing, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali untuk bisa menikmati ombak yang cocok untuk surfing. Dan bagi Anda para pemula yang baru ingin belajar surfing, di Gunung Kidul ada satu wisata pantai yang sangat cocok dan harus Anda kunjungi, Pantai Krakal.

Pantai Krakal memang menyimpan keindahan alam yang begitu menawan. Pantai Krakal terletak di selatan Yogyakarta dan letaknya juga tidak jauh dari Pantai Kukup dan Pantai Baron. Berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Pantai Krakal ini biasanya menjadi tujuan akhir wisata setelah Anda mengunjungi Pantai Kukup dan Pantai Baron karena letaknya yang memang bersebelahan.

Pasirnya putih, dan penuh dengan batuan kecil yang membuat kaki terasa “geli” jika menginjaknya. Namun itulah yang menjadi keunikan dari Pantai Krakal. Pasir putih terhampar di bibir pantai sepanjang kurang lebih 5 kilometer. Jika Anda ada waktu, Anda bisa menjelajahi Pantai Kukup dari sudut kanan ke sudut kiri sambil menikmati eksotisnya alam di sekitar Pantai Kukup. Di sepanjang bibir pantai Anda bisa menikmati deburan ombak yang jernih dan menyejukkan kaki Anda.

Di sebagian besar bibir Pantai Krakal, Anda bisa menemukan banyak sekali batu karang yang menjadu rumah untuk para ikan yang ada di sekitar pantai. Ada beberapa jenis ikan yang berwarna-warni di sana yang bisa memanjakan mata Anda. Tapi jangan dibawa pulang, ya. Biarkan ikan-ikan tersebut hidup di habitat aslinya saja.

Jika Anda bosan berada di bibir pantai saja, Anda juga bisa mencoba menuju ke lepas pantai untuk menikmati keindahan laut yang lebih eksotis lagi. Banyak sekali batu karang yang muncul ke permukaan, yang seolah-olah menjadi jalan setapak untuk orang-orang yang ingin berjalan ke laut. Tetapi jangan lupa pakai alas kaki agar kaki Anda tidak terluka karena tajamnya batu karang.

Menurut kabar dari beberapa sumber, konon Pantai Krakal ini adalah dasar laut. Kemudian terangkat ke permukaan dan akhirnya menjadi sebuah pantai. Dan banyaknya batu karang yang ada di Pantai Krakal itu ternyata adalah bekas-bekas batu karang yang dulunya ada di dasar laut.

Ombak di pantai ini juga terkenal cukup besar dan anginnya kencang, sehingga sangat bersahabat bagi para surfer atau peselancar. Jika Anda baru ingin belajar surfing, pantai ini juga dinilai sangat cocok sebagai tempat belajar surfing. Akan tetapi karena ombaknya yang besar tersebut, Anda harus mengawasi anak Anda agar tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Setelah lelah berpetualang dari satu sisi ke sisi lain untuk menikmati keindahan Pantai Krakal, Anda bisa menikmati seafood yang tersedia di warung makan di sekitar pantai. Bagaimana? Apakah Pantai Kukup cukup menarik hati Anda untuk menjadi salah satu opsi liburan akhir tahun Anda? Pilihan ada di tangan Anda.



Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Bagas Dharma/EMC