Samman Dalam Tradisi Keagamaan Masyarakat Madura

Advertisement

Ads

Samman Dalam Tradisi Keagamaan Masyarakat Madura

Kamis, 13 November 2014

eMadura.com - Kalau di aceh ada Tari Samman, di Madura ada Kamratan Samman. Tari Samman tentu berbeda dengan Kamratan Samman. Kamratan merupakan acara bertemunya masyarakat dalam satu kelompok dalam kurun waktu tertentu. Untuk lebih lengkapnya tentang Kamratan, bisa dilihat di artikel ‘Kamratan, Pengingat Sekaligus Pengikat’.

Untuk Kamrat Samman ini memiliki daya tarik dan keunikan yang berbeda dengan Kamrat lainnya. Usai tahlilan dan yasinan bersama, acara dilanjutkan dengan samman. Samman khas Madura ini merupakan dzikir yang diiringi dengan tabuhan rebana dan sambil menari. Yap. Sebagian besar anggota kamrat berdiri sambil menari bebas sambil mengucapkan berdikir menyebut asma Allah. Juga melafalkan kalimat tauhid, laailaaha illallah. Peneliti budaya menyebut Samman khas Madura ini sebagai kegiatan sufistik. 

Sayang, satu tahun terakhir, beberapa Kamrat Samman sudah tak lagi terdengar bertabuh di masyarakat. Padahal, Kamratan Samman ini bertahan murni karena anggotanya. Tidak melibatkan orang di luar kamrat. Padahal dulu, Kamratan Samman masih menjadi salah satu hiburan di masyarakat desa sebelum masuknya TV.




Author : Unzilatur R
Foto :