Pantai Ngobaran Eksotik dan Bernilai Seni Tinggi

Advertisement

Ads

Pantai Ngobaran Eksotik dan Bernilai Seni Tinggi

Aminullah
Jumat, 28 November 2014


Pantai di Gunung Kidul memiliki pemandangan yang eksotik dan juga terlihat sangat alami. Termasuk salah satunya Pantai Ngobaran yang letaknya tidak jauh dari pantai Ngrenehan. Kunjungan wisata saya ke pantai yang ada di Gunung Kidul tersebut membutuhkan waktu yang lama. Jalanan yang dilalui tidak kalah ekstrimnya ketika saat mengunjungi Pantai Sepanjang karena memang tempatnya yang saling berdekatan. Setibanya di pantai, saya memberanikan diri untuk menikmati indahnya pantai dari atas tebing yang sangat tinggi. Panas terik matahari membuat air laut terlihat biru yang sangat menarik.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul ini membuat saya merasa berada di Bali karena nuansa pasir putih yang ditampilkannya. Hal yang membedakan yaitu pantai di Gunung Kidul masih alami dan tidak tersentuh bangunan-bangunan yang moderen. Bangunan yang saya lihat berada di daerah pantai hanyalah bangunan serupa pura yang dilengkapi dengan berbagai patung dewa yang memiliki nilai seni tinggi. Saya pun sempat mendekat ke area itu sambil sesekali berfoto di depan patung dewa. Mungkin bagi teman-teman yang melihat foto saya akan mengira bahwa saya berada di Bali, padahal saya berada di Pantai Ngobaran.
Ketika saya mendekat ke pura, saya melihat beberapa orang sedang melakukan peribadatan dengan suasana yang sangat khusuk. Tempat peribadatan itu tepatnya berada di Joglo yang memang difungsikan sebagai tempat sembahyang. Selain adanya pura, saya pun melihat adanya bangunan masjid yang tergolong unik, dimana arah sholatnya berlawanan dengan arah sholat pada umumnya. Namun, itulah yang menjadi daya tarik saya untuk menyusurinya. Setelah saya puas berkeliling melihat bangunan-bangunan unik yang ada di daerah pantai, saya pun kembali ke tebing untuk melihat pemandangan Pantai Ngobaran yang sangat eksotis.
Hamparan alga coklat dan hijau saya lihat dengan jelas di pantai lepas yang menambah keindahan. Saya pun memutuskan untuk turun ke bibir Pantai Ngobaran untuk bermain air dan menikmati pantai dengan lebih dekat. Saat itu saya melihat banyak orang yang sedang mencari landak laut. Berdasarkan penelitian, landak laut mengandung protein yang sangat tinggi sehingga banyak masyarakat yang menjualnya untuk dimakan. Saya mencicipi secara langsung landak laut yang diperoleh salah satu masyarakat yang sedang mencari landak laut. Setelah itu saya meneruskan kuliner di Pantai Ngobaran yang unik dengan mencicipi kuliner telur landak laut yang dimasak dengan garam dan cabai.
Selain dapat mencicipi landak laut, saya juga membeli bahan pembuatan agar-agar dengan harga Rp. 1.500 per kg. Tentu itu harga yang sangat murah mengingat cara mendapatkannya yang penuh dengan susah payah. Petualangan saya berakhir ketika hari sudah menjelang petang, karena jalan yang ada sangat gelap jika dilalui pada malam hari. Pantai Ngobaran memberikan kesan yang mendalam bagi para wisatawan yang mengunjunginya.
Deskripsi: Pantai Ngobaran merupakan pantai yang memiliki nilai keindahan dan nilai seni yang tinggi karena banyaknya bangunan-bangunan unik disekitar pantai.