Pantai Baron dan Pesonanya

Advertisement

Ads

Pantai Baron dan Pesonanya

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


Kali ini Anda akan saya ajak ke Pantai Baron yang penuh pesona. Sebuah pantai yang ada di kawasan Gunung Kidul, yang tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk menuju lokasi saya dan teman-teman mengendarai sepeda motor. Jauh sebelum tempat lokasi, kami berhenti sejenak di Argo Dumilah, atau yang sering disebut sebagai Bukit Bintang oleh kebanyakan remaja. Disana, kita bisa lihat kota Jogja secara utuh, ketika malam hari, kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota Jogja dari sana. 
 
Perjalanan yang cukup jauh jika ditempuh dari Jogja kota yaitu sekitar 2 jam pastinya membuat kita capek. Namun jalan sepanjang Wonosari sangat mulus, meskipun sedikit berkelok. Jadi perjalanan Anda pasti akan sangat menyenangkan, dengan menggunakan angkutan umum, maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, perjalanan memang terasa sangat lama, karena bis harus ngetem untuk beberapa waktu dan menunggu beberapa penumpang. Tapi saya yang biasa mabuk darat memutuskan untuk mengendarai motor saja, meskipun capek tapi bisa dengan puas menikmati pemandangan yang seru.
Setelah beberapa jam roda berputar, sampai juga ditempat tujuan. Saya dan teman-teman disambut oleh kapal-kapal yang berlabuh, itu adalah kapal nelayan. Para nelayan melabuhkan kapalnya disana, dengan hasil tangkapan yang beraneka ragam. Seperti tongkol, udang windu yaitu udang yang berukuran besar seperti lobster, kakap dan bawal putih bisa saya temui di TPI tak jauh dari pantai. Ketika tiba saatnya perut menuntut untuk diisi, maka kita langsung menuju warung makan yang menyediakan makanan hasil tangkapan. Variasi rasa yang tersedia membuat kita ingin memesan ini-itu. Sambil makan kita bisa mendengarkan debur ombak dan yang lebih menayangkan harganya sangat bersahabat.
Keunikan pertama yang bisa Anda temui saat kesana adalah upacara sedekah laut. Namun upacara ini hanya terjadi setiap satu tahun sekali, yaitu pada bulan Syuro tepat pada tanggal satu. Ketika saya tanyakan hal ini pada salah satu penduduk setempat tentang upacara ini, mereka menjelaskan bahwa upacara sedekah laut ini diselenggarakan sebagai ungkapan syukur penduduk setempat karena hasil tangkapan ikan mereka melimpah ruah setiap harinya. Selain itu Anda bisa temui sungai bawah tanah yang mengalir deras ke arah laut. Dan air ini, tidak memiliki rasa asin seperti air laut, meskipun sungai mengalir dan menyatu dengan air laut.
Banyak sekali pengunjung yang bermain di aliran sungai ini. Dan ini bisa menjadi alternatif lain untuk Anda yang tidak berani main dengan ombak Pantai Baron yang airnya berwarna coklat ini. Karena banyak palung di pantai ini, maka para penjaga pantai sangat menjaga ketat untuk para pengunjung yang ingin berenang di pantai. Saya juga sempat naik ke bukit untuk menikmati indahnya pantai Baron dari atas.  Hmmm rasanya sangat menyenangkan. Anda tertarik untuk kesana?
Deskripsi: Pantai Baron terletak di Wonosari tepatnya 40 km dari arah Yogyakarta kota. Jalanan yang mulus bisa Anda nikmati di sepanjang jalan.