Menyaksikan Beragam Satwa di Kebun Binatang Gembira Loka

Advertisement

Ads

Menyaksikan Beragam Satwa di Kebun Binatang Gembira Loka

Aminullah
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Kebun Binatang merupakan salah satu tempat yang mengasyikkan untuk liburan keluarga. Mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa atau bahkan lansia, semua bisa menikmati apa yang ada di kebun binatang. Yogyakarta yang dikenal sebagai kota wisata juga memiliki sebuah obyek wisata kebun binatang yang menarik, loh. Namanya Kebun Binatang Gembira Loka, sebuah kebun binatang yang letaknya juga tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai Kebun Binatang Gembira Loka, Anda bisa naik Trans Jogja dari arah Malioboro atau Halte Bandara Adisutjipto.

Nah, di Kebun Binatang Gembira Loka ini Anda bisa melepas penat setelah sibuk bekerja dengan menyaksikan beragam spesies hewan yang ada di kebun binatang tersebut. Di sana Anda akan bergembira bersama teman ataupun keluarga. Mengapa bergembira? Ya, sesuai dengan nama kebun binatang tersebut. Gembira berarti gembira, dan loka berarti tempat. Gembira Loka memiliki arti tempat bergembira.

Pada tahun 2006 lalu ketika Yogyakarta diguncang oleh gempa bumi, Kebun Binatang Gembira Loka sempat mengalami kerusakan. Sebelum akhirnya Gembira Loka dibenahi kembali, dan pada tahun 2010 Gembira Loka juga sempat direnovasi. Saat ini fasilitas yang ada di Gembira Loka semakin banyak dan beragam, beberapa diantaranya ada Taman Burung dan Taman Reptil dan Amfibi.
Bagaimana dengan harga tiket masuknya? Tenang saja, harga tiket masuk Kebun Binatang Gembira Loka tidak mahal, kok. Hanya Rp 12.000,- untuk hari Senin – Jum’at, dan Rp 15.000,- untuk hari Sabtu dan Minggu.

Sesampainya di dalam Kebun Binatang Anda akan disambut oleh suasana lingkungan sekitar yang begitu asri. Pepohonan di kanan dan kiri membuat suasana tidak terlalu panas. Nah, jika Anda berkeliling di Kebun Binatang Gembira Loka, belum lengkap rasanya jika Anda belum melihat “the world’s largest living lizard,” komodo. Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Pulau Komodo untuk menyaksikan kadal raksasa ini, karena Kebun Binatang Gembira Loka juga memiliki koleksi komodo.

Selain komodo, Gembira Loka juga memiliki banyak sekali koleksi ular dari berbagai spesies. Mulai dari ular yang berwarna hitam, hijau, hingga ular yang berwarna kuning. Mulai dari yang ukurannya tidak terlalu besar, hingga ular yang ukurannya besar. Beberapa hewan khas lainnya seperti orang utan, harimau, unta, hingga kuda nil pun bisa Anda temui di Gembira Loka.

Anda ingin datang bersama keluarga Anda? Jangan khawatir, karena di Kebun Binatang Gembira Loka juga banyak disediakan fasilitas rekreasi lainnya seperti skuter air, ATV, perahu boat, atau perahu kayuh. Dan ketika penulis berkunjung ke sana, kebetulan sedang ada atraksi satwa lucu yang memang diadakan setiap hari mulai pukul 11.00 – 13.00 WIB.

Nah, dengan informasi yang telah dijelaskan tadi, semoga Kebun Binatang Gembira Loka bisa menjadi salah satu opsi liburan akhir tahun Anda. Selamat berlibur.



Author : Bagas Dharma
Foto : (c) bagas Dharma/EMC