Menikmati Keindahan Pantai Tanah Lot

Advertisement

Ads

Menikmati Keindahan Pantai Tanah Lot

SAKERA MEDIA
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Bali memang dikenal sebagai surganya Indonesia, karena di Bali banyak sekali tempat-tempat wisata yang menjadi buruan wisata para wisatawan domestik ataupun wisatawan asing. Bahkan beberapa wisatawan asing sempat mengatakan di media bahwa mereka justru tidak tahu kalau Bali adalah bagian dari negara Indoesia. Yang mereka tahu Bali adalah Bali, sebuah tempat yang berdiri sendiri dan penuh dengan keindahan alam yang menawan.

Akan tetapi, Bali tetaplah Indonesia. Hingga saat ini Bali masih menjadi salah satu tempat berlibur yang paling bergengsi di Indonesia. Ciri khas dari Bali adalah budayanya yang sangat kental dan keindahan wisata pantainya yang sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok dunia. Salah satu pantai yang paling indah adalah Pantai Tanah Lot. Sebuah pantai yang memiliki ciri khas memiliki pura yang berada di atas batu besar.

Tanah Lot terletak di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan yang berjarak kurang lebih 13 kilometer ke arah barat Tabanan. Dari tempat parkir kendaraan Anda akan melewati jarak yang lumayan jauh untuk sampai ke area pantai. Akan tetapi rasa lelah karena perjalanan dan terik matahari akan segera terobati dengan pemandangan pantai yang begitu menawan dan menakjubkan.

Ombak di Tanah Lot juga terkenal cukup besar, bahkan kekuatan ombaknya cukup untuk menyeret sandal yang Anda pakai ke tengah laut ketika air mencapai kaki Anda. Di sisi pantai terdapat sebuah gua yang tidak terlalu besar, di mana di dalam gua tersebut terdapat sebuah lubang yang ditempati seekor ular. Para wisatawan pun diperbolehkan untuk masuk ke gua tersebut, karena memang sudah dijaga oleh petugas.

Tanah Lot tidak hanya memiliki satu pura, loh. Ada dua pura yang terletak di dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas batu besar yang tidak jauh dari bibir pantai, dan satu pura lagi terletak di atas tebing. Nah, jika Anda ingin berfoto di bawah pura yang ada di batu besar, Anda perlu menyebrangi arus laut yang cukup deras jika air laut sedang naik. Maka di tempat tersebut ada seseorang yang membantu menyeberangkan Anda menuju ke batu tersebut agar Anda tidak hanyut oleh arus air laut. Sedangkan untuk menuju ke pura yang lainnya, Anda bisa melewati sebuah jembatan alami yang terbuat dari tebing yang bentuknya melengkung sehingga membentuk sebuah jembatan.

Sama seperti pantai-pantai di Bali pada umumnya, Tanah Lot juga dikenal sebagai tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam atau sunset. Biasanya para turis berbondong-bondong menuju ke pantai untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam yang diikuti dengan berubahnya warna langit menjadi gelap. Setelah lelah berjalan-jalan dan menikmati keindahan alam Tanah Lot, Anda bisa langsung menuju ke tempat beristirahat yang berada di sekitar pantai.



Author :Bagas Dharma
Foto : (c) Hardi/JVG