Mengunjungi Kawah Sikidang Dieng

Advertisement

Ads

Mengunjungi Kawah Sikidang Dieng

Aminullah
Rabu, 19 November 2014

eMadura.com - Obyek wisata alam yang ada di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng memang tak ada tandingannya. Dieng yang diibaratkan sebagai tanah kahyangan ini memang menyimpan keindahan alam yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa di dataran setinggi lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut ini begitu menakjubkan.

Salah satu obyek wisata alam di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang paling sering dikunjungi adalah obyek wisata kawah Sikidang. Untuk masuk ke obyek wisata ini Anda bisa membeli tiket terusan di gerbang utama kawasan wisata Dieng dengan harga hanya Rp 18.000,- orang. Atau jika Anda datang bersama rombongan, Anda bisa mendapatkan potongan harga, loh.

Di lokasi parkir obyek wisata Kawah Sikidang, banyak sekali para penjual yang menawarkan masker penutup mulut dan hidung karena memang di lokasi tersebut bau belerangnya sangat menyengat. Masker yang dijual pun harganya sangat terjangkau, hanya Rp 2.000,- per buah.

Sepanjang perjalanan Anda menuju ke lokasi kawah, di sisi kanan dan kiri Anda akan disambut oleh para pedagang makanan dan suvenir khas Dieng. Mulai dari pedagang jagung bakar, minuman, hingga pedagang aksesoris atau hiasan rumah.

Semakin dekat dengan lokasi kawah, bau belerang akan semakin menyengat. Bahkan meskipun Anda sudah mengenakan satu masker, baunya akan tetap menusuk dan menembus masker Anda. Maka dari itu, penulis menyarankan agar Anda memakai masker yang tebal atau memakai masker berlapis. Nah, sebelumnya Anda pasti penasaran apa arti dari Sikidang, kan? Menurut cerita, nama Sikidang ini diambil karena lubang gas yang ada di kawah ini sering sekali berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain layaknya seekor kijang atau kidang dalam bahasa Jawa.

Kawah Sikidang ini berukuran cukup besar. Asap yang keluar pun cukup tebal, jadi Anda disarankan agar tidak terlalu dekat dengan lokasi kawah karena bisa membahayakan kesehatan Anda. Setelah puas berfoto-foto di area sekitar kawah, Anda bisa menikmati keindahan kawah Sikidang dari atas bukit. Di salah satu sisi area kawah tersebut terdapat sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 30-50 meter. Untuk mencapai puncak bukitnya, dibutuhkan perjuangan karena treknya tidaklah mudah. Tetapi ketika sampai di atas, rasa lelah Anda akan terobati dengan indahnya pemandangan kawah Sikidang dari atas bukit. Bahkan Anda bisa melihat Gunung Prahu yang berada tidak jauh dari kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng.

Yang unik di lokasi ini adalah, ada sebuah tempat seperti aliran air yang mengandung belerang, yang bisa Anda merelaksasi kaki Anda jika Anda masuk ke air tersebut. Akan tetapi bagi Anda para perokok, Anda harus berhati-hati dan jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan. Menarik sekali, bukan? Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Kawah Sikidang, Dieng? So, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan bisa menambah referensi liburan akhir tahun Anda.



Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Bagas Dharma/EMC