Indahnya Panorama Alam di Pantai Kukup

Advertisement

Ads

Indahnya Panorama Alam di Pantai Kukup

Aminullah
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Yogyakarta mungkin sangat terkenal dengan Pantai Parangtritis, yang terkenal karena keindahan alamnya dan legenda Nyi Roro Kidul yang sangat kental di sana. Akan tetapi, mungkin Anda tidak tahu bahwa Yogyakarta memiliki banyak sekali pantai yang tidak kalah indahnya. Terutama jajaran pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Jangan kaget jika Gunung Kidul ternyata memiliki lebih dari 10 wisata pantai yang bahkan tidak kalah indah dengan wisata pantai di tempat-tempat lainnya seperti Bali atau Lombok.

Pantai Kukup terletak tidak jauh dari Pantai Baron. Terletak di Desa Kemadang,  Kecamatan Tunjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Kukup hanya berjarak 1 kilometer dari Pantai Baron. Sangat dekat, bukan? Harga tiket masuknya pun tidak mahal, loh. Pada tahun 2009 lalu harga tiketnya hanya Rp 2.000,-, tetapi mungkin sekarang harga tiket masuknya sudah naik. Tetapi tenang saja, jika Anda membayar dengan uang Rp 10.000,- pasti Anda akan mendapatkan kembalian.
Berjarak 60 kilometer ke arah Wonosari dari kota Yogyakarta, perjalanan Anda tidak akan terasa membosankan karena beberapa kilometer sebelum sampai di Pantai Kukup Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bukit-bukit kapur, hutan, dan sawah yang sangat indah.

Sesampainya di Pantai Kukup, Anda akan disambut oleh pasir-pasir putih yang hangat dan birunya air laut yang memanjakan mata. Jika suasana langit sedang tidak mendung, pemandangan Pantai Kukup akan lebih indah. Apalagi jika Anda melihatnya dari gardu pandang yang berada di atas sebuah batu besar yang tidak jauh dari bibir pantai. Untuk mencapai gardu tersebut, Anda bisa melewati beberapa anak tangga dan jembatan sepanjang beberapa meter.

Selain pemandangan alamnya yang indah, Pantai Kukup juga dikenal dengan biota lautnya yang eksotis. Jika Anda ingin membawa pulang ikan-ikan hias tersebut, Anda bisa langsung membelinya di penjual-penjual yang berada di sekitar Pantai Kukup. Yang unik dari para pedagang ikan hias di Pantai Kukup adalah, Anda boleh menangkap sendiri ikan hias yang Anda inginkan menggunakan jaring. Jadi, di sini ada kepuasan tersendiri yang bisa Anda rasakan. Asyik sekali bukan?

Jika Anda berada di Pantai Kukup, Anda pasti bisa mengatakan bahwa Pantai Kukup tidak kalah indahnya dari Pantai Kuta yang berada di Bali. Mungkin areanya memang tidak terlalu luas, tapi sensasi berada di Pantai Kukup begitu luar biasa. Di Pantai Kukup ini juga terdapat gua-gua karang yang berada di sekitar pantai. Memang tidak terlalu dalam, tetapi sangat nyaman jika digunakan untuk berteduh dari teriknya matahari.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, jarak Pantai Kukup dan Pantai Baron hanyalah 1 kilometer. Jadi dari Pantai Kukup Anda bisa melewati jalan setapak untuk sampai di Pantai Baron. Nah, jika Anda berkunjung ke Pantai Kukup, jangan lupa ajak teman atau keluarga agar sensasi perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan.



Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Bagas Dharma/EMC