Gembira Loka, Kebun Binatang yang Membuat Hari Gembira

Advertisement

Ads

Gembira Loka, Kebun Binatang yang Membuat Hari Gembira

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


Yogyakarta memang memiliki banyak sekali tempat untuk berwisata. Ada wisata alam, ada wisata budaya, wisata kuliner, dan berbagai macam jenis wisata yang ditawarkan oleh kota Gudeg ini. Kali ini saya melakukan wisata ke kebun binatang. Walau saya tak lagi muda, berkunjung ke kebun binatang akan menambah wawasan saya mengenai berbagai macam binatang mulai dari reptile, berbagai macam jenis burung, mamalia dan berbagai macam hewan lainnya.
Kebun binatang gembira loka telah mengalami banyak perkembangan sejak terakhir kalinya saya berkunjung kesana. Kini tampak perubahan yang lebih baik dalam pengelolaan kebun binatang gembira loka. Terbukti kali saya masuk ke areal kebun binatang, saya melihat pemandangan yang lebih asri dan sejuk.  Ditengah kebun binatang terdapat sebuah danau yang ditengahnya ada sebuah kapal buatan yang berfungsi sebagai café. Di danau juga ada beberapa kapal yang berseliweran mengantar penumpang berkeliling danau, selain kapal juga ada speedboat yang melaju kencang melontarkan air kemana-mana. Tapi hal tersebut justru menambah keseruan kebun binatang gembira loka ini.
Di dalam kebun binatang gembira loka saya bisa mengunjungi museum flora yang berisikan berbagai macam tanaman, disana saya juga melihat replica dari bunga raflesia yang berada di dalam kotak kaca. Selain museum flora saya kemudian mengunjungi museum ikan. Di museum ikan saya menemukan berbagai jenis ikan seperti ikan arwana, ikan piranha dan berbagai macam jenis ikan lainnya. Disetiap kotak kaca di berikan penjelasan tentang nama ikan, nama latin ikan termasuk penyebaran habitat ikan tersebut.
Kemudian saya berkeliling lagi dan melihat berbagai macam binatang, seperti gajah, harimau, buaya, bahkan kini telah hadir binatang komodo dan penguin. Selain itu koleksi ular di kebun binatang ini juga cukup lengkap, ular berada di dalam kotak kaca saya berpendapat mungkin untuk memberikan rasa aman pada pengunjung.
Setelah saya lelah berjalan mengelilingi kebun binatang saya pun mampir ke danau buatan yang diberi nama Mayang Tirta. Desain kapal buatan yang seolah berada di tengah danau ini membawa saya seolah-olah sedang menaiki kapal berkeliling danau. Disini tersedia café yang menyediakan berbagai macam jenis makanan dan minuman. Saya pun melihat anak-anak muda yang tengah melakukan foto selfie dengan berlatar belakang danau buatan ini.
Berkunjung ke kebun binatang gembira loka tidak terlalu sulit. Banyak akses yang bisa ditempuh untuk mengunjungi kebun binatang gembira loka yang terletak di Jl. Kebun Raya 2, Yogyakarta. Bisa menggunakan kendaraan pribadi, bisa menggunakan becak jika jarak tidak terlalu jauh, bahkan bisa menggunakan trans Yogya yang memiliki halte diseberang kebun binatang. Untuk trans Yogya Anda bisa menaiki bis 1A jika dari Malioboro dan 1B jika dari Bandara Adi Sucipto. Untuk dapat memasuki kebun binatang gembira loka cukup dengan membayar sekitar Rp. 20.000 pada hari kerja yaitu Senin-Jum’at dan Rp. 25.000 untuk weekend yaitu hari Sabtu dan Minggu. Dan kebun binatang ini buka dari pukul 08.00-16.00 WIB.
Saya tidak menyesal mengunjungi kebun binatang gembira loka. Berbagai jenis binatang menjadi pengetahuan tambahan bagi saya. Pulang dari gembira loka saya membeli beberapa cendera mata yang memang banyak di jual di sekitar gembira loka.
Deskripsi: Kebun Binatang Gembira Loka adalah salah satu kebun binatang yang berada di Yogyakarta. Berbagai wahana menarik juga tersedia di Gembira Loka.