Destinasi Wisata Kerajinan Menarik di Kerajinan Perak Kotagede

Advertisement

Ads

Destinasi Wisata Kerajinan Menarik di Kerajinan Perak Kotagede

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


eMadura.com - Satu lagi destinasi menarik yang ditawarkan di kota Yogyakarta adalah Kerajinan Perak Kotagede. Banyak hal-hal menarik yang bisa dipelajari sekaligus bisa kita dapatkan dengan berkunjung ke tempat-tempat wisata budaya dan kerajinan di kota Yogyakarta. Kawasan pengrajin perak ini hanya berada di 10 km dari tenggara Yogyakarta saja. Kotagede yang ada di Yogyakarta bisa dibilang juga sebagai Kota Tuanya Yogyakarta. Di sini saya menjumpai berbagai macam bangunan heritage yang sangat menarik, hingga membuat saya semakin penasaran untuk mengunjungi Kotagede Yogyakarta ini.

Saya berkunjung ke daerah Kotagede bersama teman-teman, kami menjumpai banyak kerajinan yang terbuat dari silver yang unik, cantik sekaligus menarik. Adapun produk-produk yang dijumpai di sana adalah cincin, gelang, anting dan kalung. Selain itu, saya juga menemui aneka macam pernak pernik yang terbuat dari perak murni, seperti miniatur kapal pesiar, pas foto, hingga aneka macam aksesoris lainnya. Pernak-pernik yang ditawarkan sangat cocok sebagai interior rumah maupun sebagai bingkisan untuk kado dan lain sebagainya. Hampir semua warga Kotagede berprofesi sebagai pengrajin silver atau perak.

Dengan menelusuri Sepanjang Jalan Mondorakan, Kemasan saya menjumpai banyak pengrajin perak yang menjajakan aneka macam kerajinan khas yang terbuat dari perak asli. Kerajinan perak yang dijual disini terdiri dari 4 macam, seperti tatak ukir yang teksturnya lebih menonjol, filigri dengan tekstur yang berlubang, handmade seperti cincin dan kalung, dan casting dengan kerajinan tangan yang dibuat menggunakan cetakan. Selain itu, para pengrajin juga tidak melupakan aksen atau ornamen batik sebagai ciri khas kota Yogyakarta.

Aneka ragam produk yang ditawarkan juga dijual dengan harga yang bervariasi, seperti aneka macam miniatur yang terbuat dari perak dihargai mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Perbedaan harga yang bervariasi ini tergantung dari tingkat kesukaran cara membuatnya. Nah, ketika saya bertanya-tanya dengan salah satu pemilik galeri di sana, ternyata di sana tak hanya menawarkan produk-produk yang dijual saja melainkan kita juga bisa mengikuti kursus yang ditawarkan dengan membuat aneka macam kerajinan yang terbuat dari perak. Mereka akan mengajari bagaimana cara membuat bros, cara membuat miniatur dari silver dan lain sebagainya dengan berkunjung ke galeri toko perak yang berada di jalan Mondorakan, Jalan Kemasan dan Jalan Tegalgendu.

Aneka macam produk kerajinan perak di sini, juga memiliki kualitas yang sangat tinggi. Seni budaya serta kerajinan yang ditawarkan di sini membuat saya tak ingin pulang ke kampung halaman. Masih banyak sekali aneka ragam wisata menarik yang bisa dijumpai di Yogyakarta. Sebagai kenang-kenangan, saya juga membeli beberapa buah tangan untuk di bawa ke kampung halaman berupa kerajinan-kerajinan tangan yang terbuat dari perak.
Deskripsi: Kerajinan perak Kotagede menawarkan aneka macam produk kerajinan yang terbuat dari perak, seperti souvenir, cincin, kalung dan miniatur perak.