Daun Kelor, Bisa Menjadi Sop Bercita Rasa Sedap

Advertisement

Ads

Daun Kelor, Bisa Menjadi Sop Bercita Rasa Sedap

Unzilatur Rahmah
Sabtu, 22 November 2014

eMadura.com - Di Jakarta, daun kelor biasanya dikibas-kibaskan ke mayat sebelum dikubur. Menurut masyarakat Madura yang merantau ke sana, tindakan tersebut bertujuan agar mayat cepat membusuk atau hancur. Sehingga meminimalisir tindakan pesugihan yang menggunakan mayat.

Tapi di Madura, Daun Kelor merupakan sayuran sedap yang bisa dibuat sop. Bagi masyarakat yang tidak pernah tahu, ini mungkin aneh. Tapi jika sudah mencoba, dijamin ketagihan.

Membuat sop Daun Kelor cukup mudah. Tinggal ambil daun kelor dari gangangnya dengan cara eorot. Jika banyak ganging kecil yang ikut, bisa sedikit lebih dihancurkan dengan cara sedikit mencincangnya.
Untuk bumbu, cukup haluskan 1 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, dan seukuran jari temu kunci. Siapkan juga 1genggam jagung halus, di Madura disebut bu’u’ jhegung. Kalau menggiling jagung untuk dijadikan beras, biasanya ada bagian-bagian halusnya. Itu disebut bu’u’.



Cara membuatnya, didihkan 1 gayung air ukuran sedang. Sebelum mendidih, masukkan satu genggam bu’u’ jhegung. Jika sudah mendidih, kecilkan api, masukkan daun kelor dan bumbu yang telah dihaluskan. Tambahkan garam dan penyedap secukupnya. Besarkan api, biarkan hingga mendidih lagi. Langsung angkat jika sudah mendidih lagi. Karena kalau terlalu lama memasaknya, warna sop Daun Kelor akan menjadi sedikit kehitaman.

Sop Daun kelor akan jauh lebih nikmat jika dimakan bersama nasi jagung dan nasi bu’u’. Ditambah dengan lauk ikan dan sambal buje cabbhih.







Author : Unzilatur R
Foto : (c) Unzilatur/EMC