Berwisata ke Telaga Warna Dieng

Advertisement

Ads

Berwisata ke Telaga Warna Dieng

Aminullah
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu kawasan wisata yang sangat populer di Jawa Tengah. Letaknya berada di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng, Anda akan menemukan berbagai macam obyek wisata alam yang menarik dan wajib untuk Anda kunjungi, terutama bagi Anda para pencinta alam.

Mulai dari obyek wisata danau, kawah, candi, teater, sampai wisata gunung pun ada di Dataran Tinggi Dieng. Salah satu yang paling populer di kawasan Dieng ini adalah Telaga Warna. Sebuah fenomena alam yang terjadi di sebuah telaga yang membuat warna air di telaga tersebut sering berubah-ubah. Hal ini diakibatkan karena air telaga tersebut memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat matahari memancarkan sinarnya ke telaga, air telaga tersebut akan memantulkan warna ke permukaan.

Nah, sebelum masuk ke obyek wisata Telaga Warna, Anda harus membeli tiket masuk dengan harga hanya Rp 5.000,- per orang untuk wisatawan domestik.

Ada dua telaga di area Telaga Warna. Telaga pertama warnanya biru dan kehijauan. Jika dilihat, telaga ini seolah-olah memiliki dua warna yang berbeda yang dibatasi oleh garis yang bisa dilihat dengan jelas. Di bagian tepi biasanya air berwarna kehijauan, dan semakin ke tengah airnya berwarna semakin biru. Sedangkan di telaga yang kedua, Anda akan menemukan telaga yang airnya berwarna kuning, dan terkadang terlihat berwarna coklat layaknya air sungai yang keruh.

Obyek wisata Telaga Warna ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Kedua telaga ini dikelilingi oleh bukit nan hijau yang membuat suasana di telaga tersebut semakin asri dan indah. Untuk berpindah dari telaga satu ke telaga yang lainnya, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Namun perjalanan tersebut tidak akan terasa melelahkan karena Anda akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Untuk mengitari dua telaga tersebut, Anda bisa memakan waktu kurang lebih 30-40 menit, tergantung kecepatan berjalan Anda. Di tengah perjalanan, ada sebuah anak tangga yang mengarah ke bawah, ke sebuah petilasan. Di sebelah petilasan tersebut terdapat banyak tanaman bunga berwarna putih yang membuat suasana tempat tersebut begitu eksotis.

Di sepanjang perjalanan Anda akan menemukan banyak sekali pohon tumbang yang menambah kesan eksotis dan natural. Setelah lelah mengitari dua telaga tersebut, Anda bisa langsung menuju ke teater untuk melihat film dokumenter tentang Dataran Tinggi Dieng. Tetapi dibutuhkan tenaga ekstra lagi untuk menuju ke teater tersebut karena Anda harus melewati puluhan bahkan ratusan anak tangga naik sebelum akhirnya sampai di gedung teater.

Jika Anda membeli tiket terusan Anda tidak perlu lagi membeli tiket di teater. Petugas hanya meminta tiket terusan Anda dan melubangi tiket di bagian gambar teaternya. Di dalam Anda akan menyaksikan bagaimana sejarah Dataran Tinggi Dieng, apa saja tempat wisata yang ada di sana, apa saja yang pernah terjadi di sana, dan sebagainya.

Jika sudah lelah, Anda bisa kembali ke telaga dan menuju ke tempat parkir kendaraan untuk beristirahat atau mengisi perut dengan makanan yang banyak dijual di sekeliling area parkir.



Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Bagas Dharma/EMC