Berwisata ke Kaliurang di Lereng Merapi

Advertisement

Ads

Berwisata ke Kaliurang di Lereng Merapi

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


Kaliurang terletak di 25km ke utara dari pusat Jogja, tepatnya adalah di tempat paling utara daerah Sleman. Dari perempatan Kaliurang, saya tinggal lurus saja ke utara hingga bertemu dengan pintu masuk Kaliurang dan membayar tiket masuk sebesar Rp2000 untuk motor, dan Rp3000 untuk mobil. Jalan yang menanjak, membuat saya harus pelan-pelan karena saat itu berada di belakang truk yang memuat banyak penumpang. Saya malah bisa asyik menikmati keindahan alam kanan kiri. Memang tidak banyak yang bisa saya lihat, tapi suasana hijau alam Kaliurang ini membuat mata saya yang sering berada didepan komputer jadi segar. Semakin keatas, saya lihat semakin banyak hotel melati disewakan.
Jika suatu hari nanti Anda berkesempatan mengunjungi Kaliurang, maka referensi tempat yang harus Anda kunjungi pertama kali adalah taman bermain. Tempat ini adalah tempat yang pertama kali bisa kita lihat, karena berada di tengah-tengah simpang jalan. Tempat ini adalah tempat yang paling cocok untuk dikunjungi keluarga. Berbagai mainan menarik bagi anak-anak ada disana, seperti ayunan, perosotan, dan juga kolam renang. Saya juga sempat berjalan-jalan dengan menggunakan sepoer mini.
Ini adalah kereta kelinci dengan banyak kursi yang bisa membawa kita berkeliling mengenal sebagian Kaliurang. Sepanjang jalan saya lihat berbagai macam bentuk rumah dengan khas Belanda. Bangunan tua ini adalah merupakan museum bersejarah. Selain bangunan khas Belanda, saya juga diajak melewati gardu pandang oleh sopir sepoer mini ini. Kebetulan waktu itu cuaca cerah, jadi saya bisa melihat dengan jelas pesona Gunung Merapi yang menjulang tinggi.
Pada sebelah barat bukit Plawangan, beragam jenis pepohonan menjulang tinggi. Ketika saya kesana, beberapa pohon yang sangat tinggi jatuh menimpa pintu masuk gua Jepang. Air terjun yang berasal dari sumber mata airnya juga bisa Anda temui, namun sayang sekali waktu itu sedang kemarau, jadi air yang mengalir sangat sedikit. Namun saya tetap semangat untuk berfoto bersama kera-kera liar yang beberapa kali menghalangi jalan. Sebelum masuk tempat itu, saya menyempatkan untuk membeli kacang rebus untuk memberi makan para kera. Saya sempat ketakutan ketika seekor kera mencoba mendekati, namun seorang petugas segera datang dan mengusirnya.
Jika Anda masih ingin tinggal disana, sederetan hotel melati tersedia untuk Anda. Hampir setiap bulan saya bermalam disana bersama rombongan dari PMI untuk acara musyawarah anggota dan pernah sekali bermalam di sebuah villa untuk keperluan reuni SMU. Selain hotel melati, Anda bisa menginap di hotel berbintang 1 hingga 5. Selain penginapan itu, penginapan dengan tarip sangat murah bisa Anda temui. Namun jika Anda belum menikah, sebaiknya Anda tidak menginap disana. Karena bisa-bisa Anda terkena gerebek polisi dan masuk tv. Sepulang dari Kaliurang, tak lupa saya beli jadah bacem dan pisang sebagai oleh-olehnya.

Deskripsi: Kaliurang merupakan tempat wisata yang terletak di ujung utara Jogja. Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum.