Berpetualang di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Ads

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014

Yogyakarta merupakan kota penuh seribu pesona. Saya tidak pernah bosan mengunjungi kota Yogyakarta sebagai tempat untuk melepaskan lelah dan rehat sejenak dari segala rutinitas pekerjaan. Tiap sudut kota Yogyakarta pernah saya kunjungi. Kali ini saya ingin mengunjungi sebuah tempat wisata alam yang bisa merelaksasi pikiran saya dari tumpukan pekerjaan. Setelah saya googling dan bertanya-tanya pada teman sejawat di Yogyakarta mereka memberikan referensi sebuah wisata alam yang bernama Air Terjun Sri Gethuk.
Saya langsung berpikir wah yang saya tahu dari Yogyakarta hanya pantai dan wisata budaya, ternyata ada juga wisata alam berupa air terjun. Saya pun mulai mencari informasi mengenai Air Terjun Sri Gethuk. Lokasi wisata ini berada di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Tepatnya berada di dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Saya pun mencari lokasi tersebut berbekal dengan informasi teman-teman saya dan mbah Google.
Perjalanan saya mulai dari kota Yogyakarta menuju ke kota Wonosari terlebih dahulu. Saran saya lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena model transportasi umum belum ada yang mencapai ke tempat tujuan. Untuk menuju ke Wonosari kita akan disuguhi oleh pemandangan indah disepanjang jalan, saya terpesona dengan hutan jati yang berderet di sepanjang jalan hingga Wonosari. Dari kota Yogya menuju kota Wonosari saya dihadapkan dengan dua jalan, yaitu arah ke Wonosari dengan belok kiri dan belok kanan menuju arah desa Playen, maka saya pun membelokkan kendaraan ke arah kanan. Maka saya pun menyusuri jalan tersebut sampai saya menemukan pasar Playen. Dari pasar saya belok kea rah kanan sekitar 50 meter kemudian belok kiri terus saya lurus dan menemukan plang bertuliskan Air terjun Sri Gethuk. Kemudian saya ambil jalan ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut. Namun perjalanan saya tidak berhenti sampai disitu saja, ternyata saya untuk mencapai air terjun saya harus menyeberangi sungai dengan menggunakan rakit. Wah ini memang perjalanan berat namun saya senang karena saya masih bisa menikmati pemandangan yang tidak bisa saya temui di kota besar. Ditambah pengayuh rakit akan menceritakan asal muasal Air Terjun Sri Gethuk yang berawal dari tempat penyimpanan kethuk yang merupakan salah satu bagian dari alat music gamelan milik Jin Anggo Meduro. Bahkan menurut cerita sang pengayuh rakit, pada saat tertentu akan terdengar suara gamelan di sepanjang sungai Oya dari arah air terjun.
Tak lama menaiki rakit saya mulai mendengar suara gemuruh air terjun. Air Terjun Sri Gethuk yang indah dengan bebatuan yang membentuk undakan-undakan di bawah air terjun. Bebatuan tersebut laksana sebuah tepian kolam yang memanggil saya untuk terjun dan mandi dibawah guyuran air terjun. Tidak sia-sia perjalanan saya menuju air terjun ini, perjuangan saya berbuah manis dengan mandi di kolam air terjun yang memiliki air yang sejuk dan segar. Berasa mandi di alam antah berantah, dengan berlatar belakang hutan alami dan berlangitkan birunya langit. Sebuah suasana yang tak terlupakan.
Air Terjun Sri Gethuk bisa menjadi wisata alternatif saat berkunjung ke Yogyakarta. Tidak hanya pantai yang indah yang dimiliki Gunung Kidul namun air terjun yang indah juga terdapat di kota ini. Untuk mengunjungi Air Terjun Sri Gethuk cukup membayar tiket sekitar Rp. 30.000 saja dan rasakan segar dan alaminya air terjun Sri Gethuk.
Deskripsi: Air Terjun Sri Gethuk berada di kota Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun yang berada di sungai Oya ini memiliki pemandangan yang cukup indah.