Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Pintar Yogyakarta

Advertisement

Ads

Bermain Sambil Belajar Sains Di Taman Pintar Yogyakarta

SAKERA MEDIA
Jumat, 28 November 2014


Kunjungan saya ke Yogya kali ini adalah Taman Pintar. Tempat wisata edukasi ini berlokasi di daerah Benteng Vredeberg. Tidak jauh dari Malioboro dan kraton Yogyakarta. Untuk menuju ke Taman Pintar ini saya mengendarai sepeda motor, namun bisa juga menggunakan bis trans Yogya yang haltenya juga bersebelahan dengan Taman Pintar.
Taman Pintar ini merupakan tempat wisata yang memadukan wisata rekreasi dengan wisata edukasi. Tidak heran saat saya berkunjung ke Taman Pintar banyak sekali rombongan dari sekolah-sekolah dari berbagai jenjang mengunjungi Taman Pintar. Tapi kebanyakan pengunjungnya adalah anak-anak jenjang TK atau SD.
Saya disambut dengan arena permainan saat baru memasuki area Taman Pintar. Teriakan anak-anak terdengar dari area air menari. Mereka saling berkejaran dan bermandikan air yang tersemprot dari lantai area sehingga seolah-olah air tersebut menari. Masuk ke area lebih jauh akan ditemukan pipa yang seolah terputus, tampak oleh saya anak-anak saling bercakap melalui 2 pipa tersebut. Saya juga melihat area permainan parabola berbisik, dimana dua anak saling berdiri membelakangi temannya dan berbisik pada parabola dan temannya tersebut akan mendengar apa yang dibisikkan oleh temannya tersebut. Kedua permainan tadi menerapkan prinsip penghantaran gelombang suara.
Konsep Taman Pintar ini memang dirancang sedemikian rupa agar anak-anak tertarik dengan dunia sains. Agar tertanam dalam diri anak-anak bahwa sains itu menyenangkan dan tidak sulit. Saya kemudian memasuki gedung oval yang berada di tengah area Taman Pintar. Dan merupakan gedung utama dari Taman Pintar. Saya membeli tiket dengan harga sekitar Rp. 10.000 dan untuk anak-anak Rp. 5000. Begitu saya masuk ke dalam ruangan, ada beberapa layar TV yang menayangkan tentang alam semesta, kehidupan pra sejarah, dll.
Kemudian saya berjalan menuju sebuah terowongan pendek yang merupakan sebuah terowongan bawah air yang menghubungkan langsung dengan akuarium air tawar. Pada akuarium terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti lele, gurame, dll. Saya kemudian berjalan terus dan saya kaget dengan sebuah patung dinosaurus yang bisa meraung. Wah ternyata itu adalah sapaan untuk kami para pengunjung yang akan memasuki area kubah. Di area ini terdapat berbagai macam alat-alat sains yang sederhana, seperti peta alam Indonesia yang dilengkapi dengan lampu berwarna warni yang menjadi simbol dari gunung, sungai, danau, dll. Ada juga generator Van de Graft, pemadam kebakaran otomatis, pendeteksi banjir dan yang unik adalah tempat wudhu otomatis yang langsung mengeluarkan air begitu lantainya diinjak. Sungguh inovatif sekali.
Setelah puas berkeliling gedung oval yang menampilkan berbagai macam hal berbau sains, mulai dari alat-alat sains sederhana, foto-foto tokoh sains, berbagai macam simulator seperti simulator gempa bumi, simulator dan detector tsunami dan lain sebagainya. Saya mampir untuk berkunjung ke gedung kotak yang merupakan gedung teater 4 dimensi yang bisa dinikmati bersama keluarga dengan tiket masuk cukup Rp. 15.000 saja.
Taman Pintar ini saya rekomendasikan sebagai tempat yang wajib dikunjungi jika ke Yogyakarta. Karena akan memberi pengetahuan yang lebih bagi putra-putri tentang dunia sains. Dan menjadi wisata alternatif selain berkunjung ke Mall dalam menghabiskan liburan keluarga. Taman Pintar buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00 pada hari kerja dan dari pukul 08.30-20.00 saat weekend. Selamat berlibur.
Deskripsi: Taman Pintar merupakan wisata rekreasi yang berpadu dengan wisata edukasi. Taman wisata dapat dijadikan sebagai alternatif berlibur bersama dengan keluarga.