Belajar Sejarah di Museum Jogja Kembali

Advertisement

Ads

Belajar Sejarah di Museum Jogja Kembali

SAKERA MEDIA
Rabu, 19 November 2014


eMadura.com - Yogyakarta memang dikenal sebagai daerah wisata. Banyak sekali tempat wisata yang ada di sana, mulai dari wisata alam, wisata buatan manusia, sampai wisata belanja. Wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta setiap harinya pun tak terhitung jumlahnya, sangat banyak. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pelajar, karena banyak sekali para pelajar yang menuntut ilmu di sekolah atau universitas yang ada di Yogyakarta.

Nah, jika Anda ingin belajar sejarah di Yogyakarta, Anda bisa datangi Museum Jogja Kembali. Letaknya tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya 3 kilometer dari pusat kota. Bentuk bangunan museumnya yang seperti kerucut sangat unik, loh.

Setelah berjalan dari tempat parkir kendaraan, sebelum Anda masuk ke dalam museum Anda bisa melihat sebuah dinding yang memuat lebih dari 400 nama pejuang yang gugur dalam peperangan. Di dindinng tersebut Anda juga bisa membaca puisi berjudul Karawang Bekasi karya Chairil Anwar. Setelah puas berfoto dan membaca tulisan-tulisan yang ada di dinding tersebut, Anda bisa langsung menuju ke pintu depan museum.

Ada dua pintu masuk museum, yaitu pintu timur dan pintu barat. Jika Anda melewati pintu timur, Anda akan disambut oleh replika pesawat Cureng, sedangkan jika Anda masuk melalui pintu barat, Anda akan disambut oleh replika pesawat Guntai.
Suasana museum yang gelap dan sedikit remang-remang memberikan kesan tersendiri ketika Anda menikmati keindahan koleksi museum. Di lantai satu Anda bisa menikmati kurang lebih 1.000 koleksi musesum yang menceritakan tentang kejadian Satu Maret sebelum akhirnya Yogyakarta sempat menjadi ibukota Republik Indonesia.

Nah, jika Anda melalui jalan masuk dari utara dan selatan, Anda akan langsung sampai di lantai dua. Di dinding luar terdapat relief yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia. Penulis tidak bisa mengingat secara jelas apa yang diceritakan pada relief tersebut. Mungkin jika Anda suatu saat berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati ceritanya.

Di dalam lantai dua Anda disuguhkan oleh beberapa diorama yang menggambarkan kondisi saat penjajah menyerang Yogyakarta, hingga beberapa kejadian penting lainnya yang terjadi di Yogyakarta. Di lantai dua Anda juga bisa menikmati indahnya senjata mesin beroda lengkap dengan tempat duduknya. Terkadang ada juga suara-suara lagu kebangsaan yang seolah-olah bisa membakar semangat nasionalisme di dalam diri Anda ketika Anda berada di dalam museum.

Di lantai paling atas Anda akan menemukan sebuah ruangan yang sangat hening yang berbentuk ruangan. Di tengah-tengah ruangan dihiasi dengan tiang bendera lengkap dengan bendera merah putihnya. Ruang ini bernama Garbha Graha yang difungsikan sebagai ruang untuk merenung dan mendoakan arhwah para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Monumen Jogja Kembali menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika Anda sedang berkunjung di Yogyakarta. So, selamat berkunjung dan selamat belajar sejarah di Museum Jogja Kembali.

Berikut foto-foto lain di Museum Jogja kembali






Author :Bagas Dharma
Foto :  (c) Bagas Dharma/EMC