Bedugul Bali, Dengan Keindahan Pure diatas Danau

Advertisement

Ads

Bedugul Bali, Dengan Keindahan Pure diatas Danau

Aminullah
Rabu, 19 November 2014

 wisata bali

eMadura.com - Bali ternyata tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya saja. Kali ini penulis akan membawa Anda untuk naik ke dataran yang lebih tinggi, yaitu berwisata di kawasan wisata Bedugul. Untuk sampai ke kawasan wisata Bedugul, Anda harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 19 kilometer dari Denpasar menuju ke Singaraja. Sedangkan dari Pantai Kuta ke Bedugul, jaraknya kurang lebih 70 kilometer. Bedugul terletak diantara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng. Untuk sampai di Bedugul, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah di sisi kiri dan kanan jalan. Akan tetapi, jangan kaget jika jalanan yang Anda lewati berkelok-kelok dan menanjak.

Semakin mendekati kawasan wisata Bedugul, suasana akan semakin berkabut dan suhu udara semakin dingin. Bedugul terletak pada ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut. Nah, jika Anda nantinya berniat untuk bermalam di dekat kawasan wisata Bedugul, Anda tidak perlu khawatir karena di perjalanan menuju Bedugul Anda akan menemukan banyak sekali hotel-hotel yang tersedia.

Bedugul ini adalah sebuah kawasan wisata, karena di Bedugul ada beberapa obyek wisata yang bisa Anda nikmati. Sebelum Anda turun dari bus atau mobil Anda, penulis menyarankan agar Anda mengenakan jaket atau pakaian hangat agar Anda tidak kedinginan. Jika suasana sedang cerah, Anda bisa menikmati keindahan alamdi sekitar bedugul tanpa terhalang oleh kabut.

Di daerah berhawa dingin dan sejuk ini Anda akan disuguhkan oleh keindahan alam dari Danau Beratan. Di sana juga banyak perahu mesin yang menawarkan untuk berkeliling danau bersama teman atau keluarga Anda. Kurang lebih setengah jam Anda akan diajak berkeliling danau dan menikmati indahnya serta sejuknya suasana Danau Beratan.

Di tepi danau terdapat sebuah pura bernama Pura Ulun Danu, yang dijadikan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu yang memberikan kesuburan. Ketika langit mendung, kabut akan turun dan menyelimuti pura. Hal ini akan membuat pura memberikan kesan tersendiri. Akan tetapi jika Anda ingin masuk ke area pura tersebut, Anda harus mematuhi aturan-aturan yang ada karena pura tersebut adalah tempat peribadatan. Jadi, jangan lakukan hal-hal yang tidak sopan, ya.

Selain Pura Ulun Danu, di sebelah barat Danau Beratan juga terdapat masjid bernama Masjid Besar Al-Hidayah. Di daerah tersebut, pemeluk Islam dan Hindu hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Jika Anda berada di tempat tersebut, Anda akan merasakan ketenangan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Di sekitar danau Anda juga bisa membeli produk-produk kerajinan tangan yang dijual dengan harga yang terjangkau. Di sana juga banyak dijual gantungan-gantungan kunci dengan bentuk yang khas, loh.

Selain Danau Beratan dan Pura Ulun Danu, ada juga beberapa obyek wisata lainnya di kawasan Bedugul seoertu Kebun Raya Eka Karya, Danau Buyan, Danau Tamblingan, hingga wisata belanja di Pasar Tradisional Candi Kuning.

Author : Bagas Dharma
Foto : (c) Hardi/JVG