Batik Madura, Nyawa Dan Jiwa Masyarakat Madura

Advertisement

Ads

Batik Madura, Nyawa Dan Jiwa Masyarakat Madura

Jumat, 07 November 2014

Batik Madura © 2014 eMadura.com/Ahmad
eMadura.com - Mau tau lebih jelas tentang Batik dan motif Madura? siapa hayo yang tidak kenal dengan kerajianan tangan yang satu ini. Kerajinan tangan asli Indonesia. Dan siapa pula yang tidak memiliki baju motif batik ? Jika ada, berarti kecintaannya terhadap bangsa perlu dipertanyakan.

Batik merupakan kerajinan yang bernilai seni tinggi. Dari segi seni, Batik Madura dikhaskan dengan warnanya yang cerah, seperti hijau, merah, kuning, dan biru. Warna cerah Batik Madura menyimbolkan keberanian masyarakat Madura dalam menghadapi setiap masalah. Selain itu, khas Batik Madura ialah penggunaan warna merah pada motif bunga, daun dan tangkai.

Kerajinan tangan bernama batik ini selain bernilai seni, juga bernilai ekonomi. Batik Madura hingga saat ini murni usaha rumahan. Pengrajin batik biasanya ibu-ibu rumah tangga gitu deh. Yang pekerjaan sehari-harinya mengurus rumah. Karena ingin membantu menguatkan ekonomi keluarga, mereka pun membatik. Mengisi waktu kosong dengan tetap tidak meninggalkan tugas utama sebagai ibu rumah tangga. Hebat ya ibu-ibu pengrajin batik itu. 

Sebagai jiwa, batik Madura memiliki tempat di hati masyarakat Madura. Sebab membatik merupakan bagian dari kreativitas yang bernilai seni. Sebagai nyawa, karena Batik Madura menjadi salah satu nadi perekonomian masyarakat Madura. Khususnya yang menggantungkan nafkah keluarga dari membatik.