Sapi Sonok : Kontes Kecantikan Sapi di Madura

Advertisement

Ads

Sapi Sonok : Kontes Kecantikan Sapi di Madura

Sabtu, 18 Oktober 2014

sapi sono'
eMadura.com - Miss universe itu biasa, apalagi cuma miss Indonesia. Yang jauh lebih menarik dan unik adalah "Miss Cow" ala Madura. Kontes kecantikan sapi yang hanya satu-satunya di dunia ini terdapat di pulau Madura.


Pada Sabtu, (18/10/14) pagi tadi, 40 pasang sapi asli Madura diarak di tengah lapangan stadion R Soenarto Hadiwidjojo, Pamekasan. Di atas lintasan sepanjang 10 meter, sapi berjalan lenggak-lenggok layaknya miss universe diiringi alunan musik Saronen.

Pada perhelatan kontes sapi sonok kali ini, ada tiga golongan sapi yang dipertandingkan. Golongan I ialah golongan sapi pendet berusia satu tahun ke bawah. Golongan II sapi dara berusia 2 s/d 3 tahun. Dan golongan III sapi induk berusia 4 tahun ke atas. Sayangnya, pesertanya hanya berasal dari 3 kabupaten yakni Sumenep, Pamekasan, dan Sampang. Pecinta budidaya sapi sonok belum merambah ke Bangkalan.

Dalam kontes sapi sonok, ada tiga penilaian saat setiap pasang sapi berjalan pada lintasan sepanjang 10 meter. Pertama, sapi tidak boleh menginjak pembatas lintasan. Jika menginjak, maka nilainya akan dikurangi. Kedua, kayu yang dikalungkan pada pasangan sapi yang disebut pangonong harus tetap sejajar. Dan ketiga, di garis finish, kaki depan sapi harus menginjak papan yang telah disediakan panitia tanpa terpeleset.

Jika pasangan sapi mampu melewati ketiga tantangan tersebut tanpa celah, maka ia akan keluar sebagai pemenang. Harga sapi sonok kualitas bagus yang dibuktikan dengan memenangkan pertandingan bisa mencapai 250 juta rupiah. Mahal ya. Iya, karena perawatan sapi sonok juga tidak tanggung-tanggung.




Author : Unzilatur R
Foto :(c) Google.com