PP. Syaichona Cholil Bangkalan Rupa Pesantren Modern Pinggir Kota

Advertisement

Ads

PP. Syaichona Cholil Bangkalan Rupa Pesantren Modern Pinggir Kota

Unzilatur Rahmah
Rabu, 22 Oktober 2014


eMadura.com - Pesantren yang merupakan ciri khas pendidikan keagamaan di Madura telah banyak menjamur. Salah satu pesantren peningggalan Syaichona Cholil, wali Allah yang cukup dikenal masyarakat Nusantara adalah PP. Pesantren Syaichona Cholil Bangkalan. Berdiri pada tahun 1861 di Kademangan, Bangkalan. Tepatnya 200 meter ke selatan alun-alun kota Bangkalan.

Meski bertempat di pinggir kota Bangkalan, pesantren ini tetap tidak meninggalkan ciri khas pendidikan tradisional. Sehingga lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan pesantren ini terdiri dari lembaga pendidikan formal dan informal.

Lembaga pendidikan formal di PP. Syaichona antara lain, MTs. Ma’arif, SMA Ma’arif, kejar paket A B C, serta Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syaichona Cholil. Sedangkan lembaga pendidikan informalnya terdiri dari program-program ma’hadiyah pesantren seperti kajian kitab kuning, tahfidzul Qur’an, dan madrasah diniyah dari tingkat ibtidaiyah hingga aliyah.

Selain itu, wadah kreativitas santri pun tak kalah berkembangnya. Seperti media Demangan News dan adanya orkes gambus Anasyidusshafa.



Redaktur : Unzilatur R
Foto :Ahmad