Celurit, Senjata Carok Atau Peralatan Ngare’?

Advertisement

Ads

Celurit, Senjata Carok Atau Peralatan Ngare’?

Minggu, 26 Oktober 2014

eMadura.com - Hampir semua masyarakat Madura pedesaan memiliki celurit. Benda tajam berbentuk melengkung seperti bulan sabit yang menjadi senjata dalam tradisi carok. Berarti semua orang Madura siap siaga untuk bercarok dong ?

Oh, tentu tidak. Tidak semua orang Madura yang memiliki celurit berfungsi sebagai senjata carok. Dan tidak semua orang Madura menyelesaikan masalah dengan carok. Lalu untuk apa ? Ya untuk ngare’. 

Celurit carok beda ukuran dengan celurit untuk ngarek, celurit ngaarek lebih kecil dari ukurannya dari celurit carok. 

Ngare’ merupakan pekerjaan mencari pakan (rumput, tunas, dan semacamnya) untuk sapi dan kambing, hewan peliharaan masyarakat Madura. Meski keluarga Madura memiliki celurit hingga 3 atau 4, bukan berarti ingin digunakan untuk carok. Tetapi untuk mencari nafkah. Karena memelihara sapi dan kambing, bagi masyarakat Madura merupakan upaya menambah penghasilan keluarga. Tidak semua orang yang memiliki celurit dimaksudkan untuk mempersiapkan diri apabila terjadi carok. 
 
Jadi, jika pagi-pagi ada orang membawa celurit dan keranjang atau karung, dengan pakaian khas petani, itu mau bercarok. Tapi dengan rumput dan tunas. Bukan dengan orang. Haha




Author : Unzilatur R
Foto :