Terbukti Setelah Kematian Ternyata ada Kehidupan

Advertisement

Ads

Terbukti Setelah Kematian Ternyata ada Kehidupan

Minggu, 12 Oktober 2014

Terbukti Setelah Kematian Ternyata ada Kehidupan

Inpost - Banyak orang ingin tahu apakah setelah kematian masihkah ada kehidupan lainnya, perasaan mati atau masih sadar setelah tubuh membusuk. Kini hal tersebut sudah terjawab oleh seorang penelitian asal Universitas Southampton mengindikasikan adanya kehidupan setelah mati.

Peneliti menghabiskan empat tahun untuk mempelajari 2 ribu lebih orang yang terkena serangan jantung dari Britania Raya, Amerika Serikat dan Austria.

Ditemukan hampir 40 persen orang yang berhasil dihidupkan kembali mengalami perasaan sadar di saat mereka divonis mati secara klinis. Seorang pria mengatakan ia meninggalkan tubuhnya lalu menyaksikan dokter berupaya menghidupkan kembali jantungnya.

Dilansir Telegraph. Dalam keadaan tidak sadar dan mati selama tiga menit, pria pekerja sosial berusia 57 tahun ini menceritakan tindakan staf medis secara detail.

Sam Parnia, mantan peneliti Universitas Southampton yang memimpin penelitian mengatakan bukti yang terlihat saat ini menyimpulkan bahwa  dalam beberapa menit pertama setelah kematian, masih ada kesadaran. Ia menyebutkan perasaan sadar tetap berlanjut hingga tiga menit setelah jantung tidak berdetak, bahkan ketika otak telah berhenti berfungsi selama 20-30 detik.

Beberapa pasien merasakan waktu menjadi lambat atau lebih cepat. Satu dari lima pasien menggambarkan perasaan damai yang tidak biasa. Sebagian kecil merasakan terpisah dari tubuh mereka atau mengalami peningkatan fungsi indera.

Ada juga pasien yang melihat cahaya terang, sinar emas atau matahari bersinar. Yang lain, merasakan perasaan takut, tenggelam atau seperti diseret ke dasar air.

Sam mengatakan kebanyakan orang menganggap kalau perasaan seperti itu hanya halusinasi atau ilusi, namun pasien yang diteliti disimpulkan seakan terhubung dengan kejadian sesungguhnya. Berdasarkan penelitian ini, dari 2060 pasien serangan jantung yang diperiksa, 330 selamat dan 140 mengalami perasaan sadar seperti yang dijelaskan.