Menikmati Sensasi Sejuk Air Terjun Curug Sewu

Advertisement

Ads

Menikmati Sensasi Sejuk Air Terjun Curug Sewu

Aminullah
Rabu, 01 Januari 2014

eMadura.com - Wisata alam merupakan salah satu kegiatan wisata yang bisa menenangkan pikiran kita, karena suasana alam yang sejuk dan segar dipercaya bisa menyegarkan lagi pikiran kita setelah penuh dengan aktivitas sehari-hari yang membuat jenuh. Nah, salah satu wisata alam yang paling eksotis adalah air terjun.

Dan kali ini kita akan membahas tentang obyek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sebenarnya ada cukup banyak obyek wisata di Kabupaten Kendal, tetapi beberapa diantaranya tidak sepopuler air terjun Curug Sewu yang terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Jika Anda berangkat dari Kota Semarang, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 90 – 120 menit ke arah Kendal untuk sampai di Kecamatan Sukorejo, sebelum akhirnya Anda kembali meneruskan perjalanan sejauh 7 kilometer menuju ke obyek wisata air terjun Curug Sewu di Kecamatan Patean. Sepanjang perjalan Anda akan melewati jalan yang berkelok-kelok dan naik yang dihiasi dengan pemandangan hijau di sisi kanan dan kirinya. Harga tiketnya pun tidak mahal, hanya Rp 5.000,- per orang dan biaya parkir Rp 2.000,- per kendaraan.

Nama air terjun Curug Sewu sebenarnya diambil dari nama desa di mana air terjun tersebut berada, yaitu Desa Curug Sewu. Akan tetapi ada juga masyarakat yang beranggapan bahwa kata “Curug Sewu” berasal dari bahasa jawa. “Curug” berarti air terjun dan “sewu” berarti seribu. Mengapa seribu? Diketahui bahwa air terjun ini memiliki struktur air yang beritngkat-tingkat dan berjumlah banyak, maka dari itu diistalahkan dengan sewu atau seribu yang melambangkan jumlah yang banyak.

Keistimewaan dari air terjun Curug Sewu ini adalah adanya tiga tingkatan air terjun. Tiga tingkatan ini memiliki ukuran masing-masing 45 meter, 15 meter dan 20 meter. Maka dari itu, total ketinggian air terjun Curug Sewu mencapai 80 meter. Tinggi sekali, bukan? Nah, ketinggian inilah yang membuat air terjun curug sewu begitu indah dan menawan.

Selain itu, di obyek wisata air terjun Curug Sewu ini juga terdapat beberapa tempat hiburan lainnya seperti kolam renang dan kebun binatang mini. Tetapi untuk memasuki tempat tersebut Anda harus membeli tiket masuk lagi. Nah, di dalam kebun binatang mini Curug Sewu juga sempat ada ular piton berukuran raksasa, loh. Akan tetapi ular tersebut sudah tidak ada kabarnya lagi saat ini.

Selain keindahan air terjunnya yang menawan, Curug Sewu juga memiliki gardu pandang yang digunakan untuk menikmati pemandangan di sektiar lokasi air terjun. Dari gardu pandang, Anda bisa melihat pemandangan hijau sejauh mata memandang. Di sisi kanan dan kiri air terjun juga dihiasi oleh bukit yang cukup tinggi yang didominasi warna hijau segar.

Untuk menuju ke air terjun, Anda juga biasanya akan dikenakan biaya masuk areanya. Anda harus melewati anak tangga turun yang cukup membuat kaki Anda pegal. Namun jangan khawatir karena jika Anda lelah, di lokasi tersebut juga banyak pedagang makanan dan minuman yang bisa mengisi kekosongan perut Anda sekaligus melepas lelah.


Author : Bagas Dharma
Foto :