Berkeliling Indonesia di TMII

Advertisement

Ads

Berkeliling Indonesia di TMII

Aminullah
Rabu, 04 Mei 2011

eMadura.com - Jika Anda ingin berkeliling Indonesia tetapi memiliki budget yang minim, cobalah untuk datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menikmati keunikan berbagai budaya di Indonesia dalam Indonesia dalam bentuk yang mini.

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu obyek wisata terfavorit bagi wisatawan dari seluruh Indonesia ataupun mancanegara. Obyek wisata yang terletak di daerah Jakarta Timur ini memiliki luas sekitar 150 hektar. Disebut dengan Taman Mini Indonesia Indah adalah karena taman ini memang seperti rangkuman atau ringkasan tentang kebudayaan yang ada di Indonesia. Mulai dari aspek kehidupan masyarakat dari propinsi-propinsi yang ada di Indonesia, rumah adat, busana, tarian, dan sebagainya.

Untuk menjelajahi seluruh anjungan dan obyek-obyek yang ada di TMII, sepertinya Anda membutuhkan tenaga yang ekstra, karena jarak satu tempat dengan tempat yang lainnya cukup jauh. Nah, jika Anda ingin menikmati keindahan pulau-pulau di Indonesia dalam versi mini, Anda bisa naik kereta gantung yang akan berjalan melewati miniatur kepulauan Indonesia, anjungan-anjungan rumah adat, sampai ke istana anak, lalu kembali lagi ke tempat semula.

Saat ini karena Indonesia sudah berkembang dan memiliki 33 propinsi, rumah adat propinsi-propinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah di bangun di bagian timur laut TMII.

Selain anjungan-anjungan rumah adat yang bisa membuat Anda belajar banyak tentang kebudayaan Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah juga memiliki banyak tempat rekreasi keluarga lainnya. Mulai dari taman flora dan fauna, teater, beberapa mueseum, teater Imax Keong Mas, dan fasilitas-fasilitas hiburan lainnya.

 Di TMII juga terdapat beberapa tempat ibadah yang sampais aat ini masih aktif digunakan tanpa ada permasalahan atau perselisihan antara pemeluk agama satu dengan yang lainnya. TMII memiliki tempat ibadah masjid, pura, vihara, geraja katolik dan gereja protestan.

Jika Anda membawa anak-anak, Anda juga bisa mengajak mereka mengunjungi obyek-obyek menarik untuk anak-anak seperti Istana Anak-Anak misalnya. Di dalam istana tersebut disediakan benda seperti telepon umum yang nantinya akan menceritakan dongeng dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu bentuk istana yang seperti di negeri dongeng pasti membuat anak-anak betah berada di sana. Akan tetapi tetap perhatikan keselamatan anak Anda.

Selain istana anak ada juga fasilitas kapal angsa yang dinaiki untuk menjelajahi miniatur kepulauan Indonesia di danau. Sangat mengasyikkan tentunya jika Anda beserta keluarga bisa berlibur bersama di TMII. Selain itu ada juga Teater Imax Keong Mas, Taman Burung, Teater Tanah Airku, dan sebagainya.

Nah, untuk harga tiket sendiri, biasanya di pintu gerbang utama Anda akan dikenakan tiket masuk jika Anda menggunakan kendaraan. Lalu di masing-masing obyek Anda masih akan dikenakan lagi tiket masuk yang berbeda-beda harganya. So, untuk membawa keluarga Anda berlibur sambil belajar tentang banyak hal, sepertinya tidak ada salahnya jika Anda membawa keluarga Anda ke Taman Mini Indonesia Indah.


Author : Bagas D
Foto :